Berkunjung di Candi Barong Yogyakarta





Siapapun yang menjelajah Jogja, nantinya akan menemukan banyak sekali tempat cantuk dan juag bersejarah. Salah satu lokasi wisata yang cukup menarik di Jogja adalah candi Barong. Candi yang satu ini merupakan candi yang berada di perbukitan Batur Agung di Dusun Candi Sari, Desa Sambirejo, Kecamatan Prambanan, Kabupaten Sleman. Candi ini sangat menarik untuk dikunjungi karena menawarkan keunikan tersendiri dibandingkan candi-candi lain yang ada di sekitarnya.


Penduduk setempat menyebutnya sebagai candi Barong dikarenakan ada hiasan berupa Partung barong di setiap sisi candi tersebut. Patung barong ini membuat cadi terlihat begitu otentik dan juga sangat indah. Anda tentu sudah mengetahui apa itu barong? Barong yang terdapat pada candi ini merupakan sosok singa yang cukup menyeramkan. Anda akan menemukan beberapa patung singa kuno dibangunan bersejarah tersebut.

Bangunan candi ini diperkirakan dibangun sekitar abad ke 9 hingga 10 masehi. Awal diketemukannya candi Barong ini adalah saat seorang belanda melakukan perluasan kebun tebu pada tahun 1913. Bentuk awal candi saat ditemukan masih berupa bebatuan yang berserakan namun kemudian dilakukan pemugaran pada tahun 1992 hingga ahirnya membentuk candi seperti sekarang ini.

Candi Barong merupakan candi Hindu yang dulu dijadikan sebagai tempat pemujaan Dewa Wisnu, hal ini dikarenakan adanya arca dewa Sri atau dewa kesuburan yang merupakan istri dari Dewa Wisnu. Di salah satu bagian candi, anda bisa menemukan hiasan kerang bersayap yang merupakan symbol dari Dewa Wisnu. Pada bagian puncak candi, terdapat batu dengan bentuk permata yang menjadi cirri khas dari candi Barong tersebut.

Berdasarkan cerita, candi Barong digunakan oleh para penganut agama Hindu untuk melakukan pemujaan kepada dewa Kesuburan dan meminta kesuburan. Tanah di sekitar candi memang terbilang tandus sehingga orang jaman dahulu melakukan proses pemujaan semacam itu untuk mendapatkan pertolongan dari dewa yang mereka puja.


Saat ini candi ini sudah terlihat bagus dan juga banyak dikunjungi oleh wisatawan. Tempat ini cocok untuk menikmati suasana alam sekitar dan juga untuk mendapatkan hasil foto yang cantik. 

Pengunjung yang datang akan menemukan dua buah candi dengan ukuran yang cukup besar yakni 8 hingga 9 meter. Pada bagian dalam candi terdapat hiasan berupa hiasan kala dan makara. Disana juga terdapat dua teras yang ketinggiannya berbeda. Teras yang tertinggi merupakan tempat yang paling suci dan disana juga terdapat banyak hiasan serta arca yang cantik.

Candi pertama disebut-sebut merupakan tempat pemujaan dewa Wisnu dan yang kedua adalah untuk pemujaan Dewi Sri. Karena kedua candi memiliki fungsi yang berbeda maka bisa ditemukan juga beberapa perbedaan pada kedua bangunan candi tersebut.

Untuk bisa menikmati keindahan dari candi barong ini, wisatawan atau pengujung yang datang tidak harus membayar tidak masuk. Jadi, siapapun bisa melihat candi indah ini secara gratis. Di sekitar candi, ada pemandangan bukit hijau yang cantik sehingga anda tidak akan merasa cepat bosan ketika berada di candi tersebut. Lokasi dari lingkungan candi juga berada di atas ketinggian sehingga bisa melihat perkampungan warga dengan sangat jelas dari sana.

Akses menuju lokasi
Apabila anda rertarik untuk datang ke candi ini maka anda bisa melalui Jalan Solo menuju ke Prambanan maka nantinya anda bisa menemukan jalan menyebrang rel kerera menuju ke SMPN 2 Pereng dengan jalan yang sedikit menanjak melewati bukit. Setelah dekat dengan lokasi, aka nada papan penunjuk arah menuju ke Candi Barong. Atau apabila anda ingin lebih mudahs ampai ke Candi ini bisa juga menggunakan maps.

Fasilitas Umum yang tersedia di sekitar candi antara lain seperti tempat parkir yang tidak dipungut karcis. Apabila anda merasa lapar atau haus, maka bisa membeli makanan dan minuman di kompleks perumahan warga di dekat candi. Di lokasi wisata ini memang belum tersedia toilet dan musola sehingga anda harus meminta izin kepada warga sekitar untuk meminjam toilet apabila membutuhkannya. Meskipun harga tiket di candi ini gratis, setiap pengunjung harus tetap menjaga kebersihan dan juga kondisi candi. Jangan sampai meninggalkan sampah di area sekitar dan jangan biasakan melakukan kerusakan. Selamat berlibur.

GLORYDUO TOUR TRAVEL JOGJA YOGYAKARTA
WA 085804579333
WA 081328113366

Komentar