Taman Hutan Raya Bunderan Di Gunung Kidul Jogja Yogyakarta


Image result for Taman Hutan Raya Jogjakarta

Taman Hutan Raya Bunderan bisa jadi salah satu tujuan wisata anda liburan keJogjakarta. Apalagi jika anda memang penyuja wisata alam . Gunung Kidul merupakan bagian dari Yogyakarta juga mempunyai destinasi wisata yang indah dan menakjubkan. Salah satunya Ya Taman Hutan Raya Bunderan ini. Taman ini diresmikan tahun 2012 oleh Sri Sulatan Hamengkubuwono. 

Kawasan Hutan Ini kurang lebih mempunyai luas sekitar 634 hektar. Dikawasan tersebut memiliki penangkaran Rusa Timor berjumlah lebih dari 30 ekor. Selain itu disini juga terdapat berbagai tanaman kehutanan, persemaian dan pabrik pengelola minyak kayu putih. 

Sering juga digunakan untuk penelitian baik dari luar maupun dari dalam yogyakarta karena ditempat ini mempunyai keanekaragaman flora dan fauna sehingga kawasan tersebut menjadi obyek penelitian bagi para mahasiswa dan pembelajaran bagi para pengunjung. 

Ditempat tersebut terdapat sungai oyo  sehingga bagian tepi hutan tetap terjaga kehijauanya selain fauna rusa, di hutan ini juga menjadi rumah untuk Burung Madu Srigati (Neclarinia jugularis), Elang Ular Bido (Spezaetus cheela), Alap-alap Sapi (Falco sylvatica), Elang alpacina (Accipter soloensis), Raja Udang (Alcade meninting), Burung Madu Kelapa (Anthreptes malaccensis), cucak kutilang (Picnonotus aurigaster) dan kepodang (Oriolus chinensis). 

Image result for Taman Hutan Raya Jogjakarta

Taman Hutan Raya ini membaginya menjadi 3 zona. Zona I terdiri dari atraksi gajah, areal cycling, camping ground, kuliner gantung dan cultur show. Pada zona II terdiri dari research centre, pabrik minyak kayu putih, persemaian dan pusat indukan rusa. Sedangkan zona III sebagai tempat penangkaran reptil, taman burung, koleksi satwa dan agroforestry, arboretum dan plaebotani karst. Alamat Taman Hutan Raya tepatnya berada di Desa Gading, Kecamatan Playen, Kabupaten Gunung Kidul, Daerah Istimewa Yogyakarta.

Harga tiketnya Rp. 10.000 perorang. Sedangkan parkir motor Rp. 5000 dan parkir mobil Rp.10.000. Fasilitas di Taman Hutan Raya ini, diantaranya adalah Toilet umum, Area parkir, Penginapan, Camping area, Guest House, sarana outbound, area paintball, playground, serta warung makan.



Instagram : @jogjapediaapp
                    @yogyakartawisata
GLORYDUO TOUR TRAVEL JOGJA YOGYAKARTA
WA 085804579333
WA 081328113366

Download Aplikasi JOGJAPEDIA di Android Google Play Store

Klik JOGJAPEDIA

Komentar