Gudeg Manggar Bantul Jogja Yogyakarta




Saat liburan ke Bantul, jangan lupa mencicipi gudeg manggar. Gudeg ini sangat istimewa yang terbuat dari bunga kelapa yang masih muda dengan rasa yang legit gurih, berbeda dengan gudeg pada umumnya yang pakai nangka muda yang disebut juga gori mempunyai tekstur  yang lebih empuk sedangkan untuk gudeg manggar sendiri mempunyai tekstur yang sedikit renyah, sangat cocok di santap dengan nasi hangat yang mengepul.


Konon, sebagian rakyat Bantul pada masa Perang Diponegoro melawan kekuasaan Sultan Hamengkubuwono yang pada waktu itu mereka anggap memihak pada kepentingan Hindia-Belanda. "Kuliner Perlawanan" inilah yang kemudian menghasilkan gudeg manggar menjadi salah satu ikon kuliner Bantul hingga saat ini.





Gudeg Manggar adalah gudeg yang berbahan baku putik bunga kelapa yang masih muda. Tidak seperti gudeg yang berbahan baku nangka, gudeg manggar memiliki rasa yang sangat khas, lebih gurih dan padat. Gudeg manggar menjadi kuliner langka karena bahan bakunya yang tidak banyak ada, sehingga berburu dan menemukan kuliner ini layaknya petualangan yang patut dicoba. Seperti halnya gudeg, gudeg manggar biasanya disandingkan dengan berbagai lauk-pauk, seperti : opor ayam berkuah kental, sambal goreng krecek (krupuk kulit), tahu dan tempe bacem, dan lain-lain. Ada pula yang menambahkan blondo (tahi minyak) atau areh (kepala santan kental) untuk membuatnya lebih gurih. Jangan lupa rempeyek, krupuk kulit, atau krupuk lain sebagai pendamping yang memperkaya tekstur kelengkapan sajian ini.

Gudeg manggar sempat menjadi langka karena kehilangan peminat. Namun, sejak beberapa tahun belakangan, gudeg manggar kembali naik daun setelah beberapa media massa menampilkannya sebagai kuliner pusaka yang wajib dilestarikan. Di berbagai festival kuliner pun hampir dapat dipastikan kehadiran gudeg manggar yang mendapat perhatian ramai. Selain di Bantul, di Yogyakarta pun kini dapat dijumpai beberapa pedagang gudeg yang mengkhususkan jualannya pada gudeg manggar.

Selamat berburu kuliner langka ini ya!

GLORYDUO TOUR TRAVEL
Telp/WA 085804579333 / 081328113366

www.wisatakeyogyakarta.com

Komentar

  1. Terimakasih infonya semoga sukses terus gan...
    http://bit.ly/2D5YTej

    BalasHapus

Posting Komentar